Jumat, 04 Oktober 2013

Kisi - kisi UTS Sastra Indonesia Pak Yayan


KISI-KISI PENULISAN SOAL UH/UTS/UKK
SMA MUHAMMADIYAH 2 SIDOARJO

Jenissekolah

: SMA MUHAMMADIYAH 2 SIDOARJO Tahun Pelajaran : 2013/2014

Mata Pelajaran

: BAHASA INDONESIA Alokasi Waktu : 90 MENIT

Kelas/ program

: X / Ilmu Bahasa Jumlah Soal : 20 PG, 15 Uraian



Kompetensi Dasar
Indikator
PencapaianKompetensi
Sebaran

Materi

Indikator
soal

Soal
Bentuk
Soal
Jumlah soal
    1. Memahami hakikat bahasa dan bunyi bahasa sebagai sistem simbol yang dijadikan wahana interaksi sosial manusia.
3.1 Siswa mampu menjelaskan hakikat bahasa

Pilihan ganda
2
  • Hakikat bahasa




  • Siswa dapat menjawab pertanyaan mengenai hakikat bahasa
  • Disajikan sebuah pernyataan mengenai hakikat bahasa, siswa dapat menentukan hakikat bahasa.


3.1.2 Siswa mampu menjelaskan hakikat bunyi
bahasa
Pilihan ganda
6
  • Hakikat bunyi bahasa
  • Siswa dapat menjawab pertanyaan mengenai bunyi bahasa
  • Disajikan pertanyaan mengenai vokal bulat, siswa dapat menentukan contoh vokal bulat.
  • Disajikan pertanyaan mengenai istilah alat ucap manusia, siswa dapat menentukan arti istilah alat ucap manusia.
  • Disajikan pertanyaan mengenai konsonan bilabial, siswa dapat menentukan contoh konsonan bilabial.
  • Disajikan pertanyaan mengenai konsonan labio dental, siswa dapat menentukan contoh labio dental.
  • Disajikan pertanyaan mengenai konsonan apiko dental, siswa dapat menentukan contoh apiko dental.

Kompetensi Dasar
Indikator
PencapaianKompetensi
Sebaran

Materi

Indikator
soal

Soal
Bentuk
Soal
Jumlah soal
4.1 Menginterpretasi hakikat bahasa dan bunyi bahasa sebagai sistem simbol yang dijadikan wahana interaksi sosial

4.1.1 Siswa mampu menginterpretasi hakikat
bunyi bahasa.


Pilihan ganda
2
  • Hakikat bunyi bahasa
  • Siswa dapat menjawab pertanyaan mengenai bunyi bahasa
  • Disajikan pertanyaan mengenai konsonan apiko alveolar, siswa dapat menentukan contoh apiko alveolar.
  • Disajikan pertanyaan mengenai konsonan lamino alveolar, siswa dapat menentukan contoh lamino alveolar.



44.1.2 Siswa mampu menginterpretasi hakikat
bahasa
Pilihan ganda
6
  • Hakikat bahasa sebagai sistem
  • Siswa dapat menjawab pertanyaan mengenai kata berimbuhan yang merupakan wujud dari bahasa sebagai sistem
  • Disajikan kalimat yang rumpang, siswa mampu melengkapi kalimat dengan kata berimbuhan yang tepat.
  • Disajikan paragraf yang rumpang, siswa mampu melengkapi paragraf dengan kata berimbuhan yang tepat.
  • Disajikan pertanyaan mengenai makna imbuhan, siswa dapat menentukan makna imbuhan saling
  • Disajikan pertanyaan mengenai makna imbuhan yang menyatakan ‘tidak sengaja’, siswa dapat menentukan kalimat yang menggunakan kata berimbuhan yang bermakna tidak sengaja.


Kompetensi Dasar
Indikator
PencapaianKompetensi
Sebaran

Materi

Indikator
soal

Soal
Bentuk
Soal
Jumlah soal







  • Disajikan pertanyaan mengenai makna kata imbuhan pe-an, siswa dapat menentukan makna imbuhan pe-an.
  • Disajikan pertanyaan mengenai bentuk kata imbuhan yang tepat, siswa dapat menentukan bentuk kata imbuhan yang tepat.


4.1.1 Siswa mampu menginterpretasi hakikat
bunyi bahasa.


Pilihan ganda
4
  • Hakikat bunyi bahasa
  • Siswa dapat menjawab pertanyaan mengenai bunyi bahasa
  • Disajikan pertanyaan mengenai diftong, siswa dapat menentukan kata yang bukan diftong.
  • Disajikan pertanyaan mengenai kluster, siswa dapat menentukan kata yang bukan kluster.
  • Disajikan pertanyaan mengenai pemenggalan kata, siswa dapat menentukan bentuk pemenggalan kata yang tepat.
  • Disajikan pertanyaan mengenai pemenggalan kata, siswa dapat menentukan bentuk pemenggalan kata yang tidak tepat.











Kompetensi Dasar
Indikator
PencapaianKompetensi
Sebaran

Materi

Indikator
soal

Soal
Bentuk
Soal
Jumlah soal
4.1 Menginterpretasi hakikat bahasa dan bunyi bahasa sebagai sistem simbol yang dijadikan wahana interaksi sosial

4.1.1 Siswa mampu menginterpretasi hakikat
bahasa.


Uraian
6
  • Definisi bahasa.
  • Hakikat bahasa .
  • Siswa dapat menjelaskan definisi bahasa.
  • Siswa dapat menjelaskan hakikat bahasa
  • Disajikan sebuah pertanyaan mengenai definisi bahasa, siswa dapat menjelaskan definisi bahasa.
  • Disajikan sebuah pertanyaan mengenai prinsip-prinsip bahasa, siswa dapat menentukan prinsip-prinsip bahasa.
  • Disajikan sebuah pertanyaan mengenai hakikat bahasa sebagai sistem, siswa dapat menjelaskan hakikat bahasa sebagai sistem.
  • Disajikan sebuah pertanyaan mengenai hakikat bahasa yang bersifat arbitrer, siswa dapat menjelaskan hakikat bahasa yang bersifat arbitrer.
  • Disajikan beberapa kata berimbuhan, siswa dapat menjelaskan prinsip pembentukan kata berimbuhan,.
  • Disajikan sebuah pertanyaan mengenai hakikat bahasa sebagai alat komunikasi, siswa dapat menjelaskan hakikat bahasa sebagai alat komunikasi.








Kompetensi Dasar
Indikator
PencapaianKompetensi
Sebaran

Materi

Indikator
soal

Soal
Bentuk
Soal
Jumlah soal
4.1 Menginterpretasi hakikat bahasa dan bunyi bahasa sebagai sistem simbol yang dijadikan wahana interaksi sosial

4.1.2 Siswa mampu menginterpretasi hakikat bunyi bahasa sebagai sistem simbol Uraian
6
Hakikat bunyi bahasa
Siswa dapat menjelaskan hakikat bunyi bahasa
  • Disajikan sebuah pertanyaan mengenai definisi dan contoh fona (fonetik), siswa dapat menjelaskan definisi dan contoh fona (fonetik).
  • Disajikan sebuah pertanyaan mengenai definisi dan contoh fonem (fonemik), siswa dapat menjelaskan definisi dan contoh fonem (fonemik).
  • Disajikan pertanyaan mengenai definisi fonetik artikulatoris, siswa mampu menjelaskan definisi fonetik artikulatoris.
  • Disajikan pertanyaan mengenai nama-nama alat ucap manusia, siswa mampu menyebutkan nama-nama alat ucap manusia.
  • Disajikan beberapa kata, siswa mampu menjelaskan alasan mengenai aturan pembentukan diftong.
  • Disajikan beberapa kata, siswa mampu menjelaskan alasan mengenai aturan pembentukan kluster.








Kompetensi Dasar
Indikator
PencapaianKompetensi
Sebaran

Materi

Indikator
soal

Soal
Bentuk
Soal
Jumlah soal
    1. Memahami bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan dan bahasa negara.

    1. Siswa dapat menjelaskan kedudukan bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan.
    2. Sisswa dapat menjelaskan kedudukan bahasa Indonesia sebagai bahasa negara.
Uraian
1
Sejarah bahasa Indonesia
Siswa dapat menjelaskan sejarah bahasa Indonesia.
  • Disajikan pertanyaan mengenai sejarah bahasa Indonesia, siswa mampu menjelaskan secara singkat sejarah bahasa Indonesia.
    1. Mengabstraksikan perkembangan bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan dan bahasa negara.

      1. Siswa dapat mengabstraksikan perkembangan bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan.
      2. Siswa dapat mengabstraksikan perkembangan bahasa Indonesia sebagai bahasa negara.
Uraian
2
Kedudukan bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan dan bahasa negara.
Siswa dapat menjelaskan kedudukan bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan dan bahasa negara.
  • Disajikan pertanyaan mengenai kedudukan bahasa Indonesia sebagai bahasa persatuan.
  • Disajikan pertanyaan mengenai kedudukan bahasa Indonesia sebagai bahasa negara.



Mengetahui, Sidoarjo, 20 September 2013
Kepala SMA Muhammadiyah 2 Sidoarjo Guru Mata Pelajaran




Drs. Hidayatulloh, M. Si. Chasiliriza Nufiansyah Yanuri, S.Pd.
NIP 196907161995031002



Tidak ada komentar:

Posting Komentar